Sriwulan - Gandeng BPBD Kendal, Mahasiswa KKN UPGRIS Selenggarakan Penyuluhan Mitigasi Bencana

Gandeng BPBD Kendal, Mahasiswa KKN UPGRIS Selenggarakan Penyuluhan Mitigasi Bencana

Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) di Desa Sriwulan Kecamatan Limbangan menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal menyelenggarakan kegiatan Penyuluhan Mitigasi Bencana untuk warga masyarakat Desa Sriwulan. Penyuluhan tersebut diselenggarakan karena lokasi Desa Sriwulan yang berada di wilayah perbukitan yang memiliki potensi terjadinya bencana alam, terutama tanah longsor.
 
Bencana alam dapat datang kapan saja dan di mana saja, sehingga mahasiswa KKN Kelompok 106 merasa bahwa penyuluhan ini sangat penting untuk diberikan kepada masyarakat Desa Sriwulan. Karena diakui sendiri oleh pihak BPBD Kabupaten Kendal bahwa warga masyarakat Desa Sriwulan masih sangat minim pengetahuan terkait mitigasi bencana alam.
 
“Masyarakat Desa Sriwulan ini memang masih sangat kurang pengetahuan terkait mitigasi penanggulangan bencana alam”, ujar Khairul Huda selaku Satgas Penanggulangan Bencana Kabupaten Kendal, Rabu (25/01/2023).
 
Desa Sriwulan terbilang sebagai desa yang masih cukup pelosok dan jauh dari kota. Oleh karena itu masyarakatnya masih sulit untuk mendapatkan akses pengetahuan terkait mitigasi bencana alam dan pengetahuan lainnya. Ini merupakan salah satu permasalahan yang dirasakan oleh mahasiswa KKN Kelompok 106, oleh sebab itulah mereka berinisiatif untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut.
 
Kristianto selaku Koordinator Bidang Lingkungan KKN Universitas PGRI Semarang kelompok 106 mengatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengedukasi warga masyarakat agar lebih tanggap dalam penanggulangan bencana alam. Pihak desa pun memberikan dukungan penuh terhadap program kerja mahasiswa KKN, sehingga tidak ada  kesulitan dalam pelaksanaan kegiatan ini.
 
“Setelah kami melaksanakan survei dan kami mengetahui bahwa ternyata di desa Sriwulan telah terjadi bencana alam, maka kami merasa bahwa kegiatan ini sangat penting untung diselenggarakan agar warga masyarakat lebih sigap dan tanggap terhadap terjadinya bencana alam yang bisa terjadi kapan pun,” Tutur Kristianto.
 
Kepala Desa Sriwulan, Sulistyo mengatakan, kegiatan ini memberikan edukasi yang sangat berharga untuk warga masyarakat Desa Sriwulan. Oleh karena itu pihaknya memberikan dukungan penuh terhadap program kegiatan mahasiswa ini. “Terima kasih saya ucapkan kepada Mas dan Mba KKN UPGRIS karena telah menyelenggarakan acara yang bermanfaat ini”, ucapnya. (Alifia Ulfadila)


Dipost : 06 Februari 2023 | Dilihat : 210

Share :